cara memasang piringan motor
Jarak antara kaliper rem (pala babi)
dengan cakram terlalu jauh seperti gambar di bawah ini
bekas kampas rem di cakram
Kebetulan sebelumnya cakram variasi
ini dilapisi dengan cat semprot warna “clear” atau bening sebagai pelapis agar
cakram variasi ini tidak mudah berkarat. Karena cat tersebut bekas tapak kampas
rem pun terlihat jelas dan memang jarak antara kaliper rem dengan cakram
terlalu jauh (lihat tanda panah gambar di atas), akibatnya rem jadi kurang
pakem karena hanya sebagian permukaan kampas rem yang menggigit permukaan
cakram. Idealnya seluruh bagian tapak kampas rem harus mencengkram cakram. Oleh
karena itu tapak rem di cakram harus sedikit berada di tengah atau minimal
harus sama dengan tapak kampas rem di cakram ori.
2. Penyebab kedua kemungkinan ada
bagian permukaan cakram variasi yang kurang rata dan selain itu bisa jadi
karena cat tersebut juga menghambat di salah sisi cakram sehingga rem terasa
tersendat-sendat.
3. Setelah diperiksa di bagian bawah
dan atas braket rem ternyata jaraknya tidak sama. Seperti yang ditunjukan
dengan tanda panah di gambar bawah jarak bagian bawah braket rem lebih lebar
daripada bagian atas :
braket rem miring
1.Untuk mengatasi masalah yang
pertama yaitu jarak antara kaliper rem dengan cakram terlalu jauh ini braket
variasi (adaptor) harus disesuaikan. Caranya mau gak mau adaptor harus diganti
dengan jarak baut yang lebih pendek dan mau gak mau juga solusinya harus ke
tukang bubut untuk membuat adaptor cakram baru.
Untuk membuatnya langkah pertama
sesuaikan letak braket sampai bagian pinggir cakram mentok di kedua bagian atas
dan bawah braket rem, selanjutnya kita ukur dan catat jarak untuk bagian tengah
lubang baut atas dan bawahnya :
ukur jarak untuk adaptor
Buat dulu pola adaptor baru dengan
kertas dengan acuan adaptor lama dan sesuai pengalaman jarak untuk 2 lubang
baut bawah jaraknya 33mm dan 2 lubang baut bagian atas jaraknya 35mm. Supaya
bagian atas dan bawah braket tidak mentok bagian pinggir cakram harus
dilebihkan minimal 1mm :
Lihat gambar bawah, karena harus
dilebihkan tersebut jarak akhir untuk 2 lubang baut bawah jaraknya 34mm (garis
biru), 2 lubang baut bagian atas jaraknya 36mm (garis merah), sedangkan jarak
antara kedua baut atas dan kedua baut bawah sama 70mm (garis hijau) :
pola braket adaptor
Sekarang bawa pola tersebut ke tukang
bubut dan ini dia hasilnya :
Ternyata hasilnya masih kasar Bro
& Sis mau gak mau harus dihaluskan lagi dengan kikir/gerinda dan ampelas,
setelah dihaluskan dan dicat ini dia perbandingan ukuran adaptor lama dengan
yang baru, yang baru ukurannya lebih besar :
braket tambahan hasil bubut (3)
Sekarang tinggal pasang, masalah
pertama selesai kita lanjutkan dengan masalah kedua Bro & Sis.
2. Masalah kedua mengenai rem yang
terasa tersendat-sendat bisa jadi dari hasil cetakan di lubang-lubang dan
pinggir rem cakram variasi tidak rata, karenanya permukaan cakram harus
dihaluskan dengan ampelas besi :
Selain itu ganti kampas rem seperti
yang pernah di bahas di sini —> Ternyata ganti sendiri kampas rem cakram
depan gampang banget.
3. Lanjut ke masalah tiga tentang
bagian bawah dan atas braket rem yang jaraknya tidak sama pastinya kaliper rem
harus dibuka dulu.
buka kaliper
Setelah itu lihat jarak bagian bawah
dan atas braket rem terhadap cakram, idealnya piringan cakram letaknya harus di
tengah bagian bawah dan atas braket rem.
jarak dalam antara braket dan CAKRAM
VARIASI
Jika posisi cakram terlalu ke kiri
berarti bos untuk baut braket rem terlalu tebal dan harus dikikir lagi deh..
Kalau posisi cakram terlalu ke kanan
bisa diganjal dengan ring tipis yang sesuai dan pastinya harus dikikir lagi deh
seperti ini :
ring tipis
Oiya pastikan permukaan adaptor yang
telah dibuat tukang bubut tersebut rata, selain itu pastikan juga panjang
(tebal) bos custom yang telah dikikir tersebut panjangnya sama. Terakhir pasang
kembali seperti semula dan agar serasi lapisi baut cakram dengan skotlet warna
silver atau warna lainnya sesuai selera Bro & Sis :
CAKRAM VARIASI
Last kesimpulannya memang ada harga
ada barang walaupun tidak selalu karena cakram murah pun ada yang finishingnya
bagus. Namun jika Bro & Sis sudah menyesuaikan atau memasang braket,
kaliper, juga adaptor yang sesuai dengan lebar cakram (320mm) seperti yang di
bahas tadi, Bro & Sis juga bisa mengganti cakram variasi dengan harga atau
model lainnya dengan mudah tanpa ada perubahan atau penyesuaian lagi walaupun
agak repot.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar