Jumat, 18 November 2016

Cara Memasang Piringan Motor



cara memasang piringan motor
Jarak antara kaliper rem (pala babi) dengan cakram terlalu jauh seperti gambar di bawah ini
bekas kampas rem di cakram
Kebetulan sebelumnya cakram variasi ini dilapisi dengan cat semprot warna “clear” atau bening sebagai pelapis agar cakram variasi ini tidak mudah berkarat. Karena cat tersebut bekas tapak kampas rem pun terlihat jelas dan memang jarak antara kaliper rem dengan cakram terlalu jauh (lihat tanda panah gambar di atas), akibatnya rem jadi kurang pakem karena hanya sebagian permukaan kampas rem yang menggigit permukaan cakram. Idealnya seluruh bagian tapak kampas rem harus mencengkram cakram. Oleh karena itu tapak rem di cakram harus sedikit berada di tengah atau minimal harus sama dengan tapak kampas rem di cakram ori.
2. Penyebab kedua kemungkinan ada bagian permukaan cakram variasi yang kurang rata dan selain itu bisa jadi karena cat tersebut juga menghambat di salah sisi cakram sehingga rem terasa tersendat-sendat.
3. Setelah diperiksa di bagian bawah dan atas braket rem ternyata jaraknya tidak sama. Seperti yang ditunjukan dengan tanda panah di gambar bawah jarak bagian bawah braket rem lebih lebar daripada bagian atas :
braket rem miring
1.Untuk mengatasi masalah yang pertama yaitu jarak antara kaliper rem dengan cakram terlalu jauh ini braket variasi (adaptor) harus disesuaikan. Caranya mau gak mau adaptor harus diganti dengan jarak baut yang lebih pendek dan mau gak mau juga solusinya harus ke tukang bubut untuk membuat adaptor cakram baru.
Untuk membuatnya langkah pertama sesuaikan letak braket sampai bagian pinggir cakram mentok di kedua bagian atas dan bawah braket rem, selanjutnya kita ukur dan catat jarak untuk bagian tengah lubang baut atas dan bawahnya :
ukur jarak untuk adaptor
Buat dulu pola adaptor baru dengan kertas dengan acuan adaptor lama dan sesuai pengalaman jarak untuk 2 lubang baut bawah jaraknya 33mm dan 2 lubang baut bagian atas jaraknya 35mm. Supaya bagian atas dan bawah braket tidak mentok bagian pinggir cakram harus dilebihkan minimal 1mm :
Lihat gambar bawah, karena harus dilebihkan tersebut jarak akhir untuk 2 lubang baut bawah jaraknya 34mm (garis biru), 2 lubang baut bagian atas jaraknya 36mm (garis merah), sedangkan jarak antara kedua baut atas dan kedua baut bawah sama 70mm (garis hijau) :
pola braket adaptor
Sekarang bawa pola tersebut ke tukang bubut dan ini dia hasilnya :
Ternyata hasilnya masih kasar Bro & Sis mau gak mau harus dihaluskan lagi dengan kikir/gerinda dan ampelas, setelah dihaluskan dan dicat ini dia perbandingan ukuran adaptor lama dengan yang baru, yang baru ukurannya lebih besar :
braket tambahan hasil bubut (3)
Sekarang tinggal pasang, masalah pertama selesai kita lanjutkan dengan masalah kedua Bro & Sis.
bekas kampas rem di cakram2. Masalah kedua mengenai rem yang terasa tersendat-sendat bisa jadi dari hasil cetakan di lubang-lubang dan pinggir rem cakram variasi tidak rata, karenanya permukaan cakram harus dihaluskan dengan ampelas besi :
Selain itu ganti kampas rem seperti yang pernah di bahas di sini —> Ternyata ganti sendiri kampas rem cakram depan gampang banget.
3. Lanjut ke masalah tiga tentang bagian bawah dan atas braket rem yang jaraknya tidak sama pastinya kaliper rem harus dibuka dulu.
buka kaliper
Setelah itu lihat jarak bagian bawah dan atas braket rem terhadap cakram, idealnya piringan cakram letaknya harus di tengah bagian bawah dan atas braket rem.
jarak dalam antara braket dan CAKRAM VARIASI
Jika posisi cakram terlalu ke kiri berarti bos untuk baut braket rem terlalu tebal dan harus dikikir lagi deh..
Kalau posisi cakram terlalu ke kanan bisa diganjal dengan ring tipis yang sesuai dan pastinya harus dikikir lagi deh seperti ini :
ring tipis
Oiya pastikan permukaan adaptor yang telah dibuat tukang bubut tersebut rata, selain itu pastikan juga panjang (tebal) bos custom yang telah dikikir tersebut panjangnya sama. Terakhir pasang kembali seperti semula dan agar serasi lapisi baut cakram dengan skotlet warna silver atau warna lainnya sesuai selera Bro & Sis :
CAKRAM VARIASI
Last kesimpulannya memang ada harga ada barang walaupun tidak selalu karena cakram murah pun ada yang finishingnya bagus. Namun jika Bro & Sis sudah menyesuaikan atau memasang braket, kaliper, juga adaptor yang sesuai dengan lebar cakram (320mm) seperti yang di bahas tadi, Bro & Sis juga bisa mengganti cakram variasi dengan harga atau model lainnya dengan mudah tanpa ada perubahan atau penyesuaian lagi walaupun agak repot.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar